Fox Share: Emulator ePSXe dan Pengaturan'a

Welcome

Welcome To Fox Share ~ JUST FOR SHARE

Sunday 27 May 2012

Emulator ePSXe dan Pengaturan'a

PENGATURAN EPSXE >>> PENTING.

  1. Buka 'ePSXe', yang pertama kali harus dilakukan (yang paling fatal dan sering dilupakan) adalah: Klik 'Run' > 'Enable Logs' (beri tanda centang). Jika tidak diberi tanda centang, apabila kita selesai bermain dan meng-close ePSXe, game masih akan terus berjalan dan kita tidak bisa menghentikannya yang mana akibatnya akan mempengaruhi kinerja CPU komputermu.
  2. Klik 'Config' > 'Wizard Guide', klik 'Config >>'.
  3. Pilih BIOS yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'SCPH1001 - USA'), klik 'Next >>'.
  4. Pilih GPU (Video Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'P.E.Op.S. Soft Driver 1.17', pengaturan dan lain-lain akan dijelaskan pada bagian berikutnya), klik 'Next >>'.
  5. Pilih SPU (Sound Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'Eternal SPU Plugin 1.50', klik 'Next >>'.
  6. Pilih CD-Rom Plugin yang kamu inginkan (pilih yang mana saja, semuanya bagus), klik 'Next' >>'.
  7. klik 'Controller 1'. Bila kamu sudah memiliki USB Controller, atur saja sesuai dengan tombol yang tersedia dengan cara klik NAMA tombolnya, lalu tekan tombol pada USB Controller sesuai dengan yang disediakan (bila USB Controller yang dipakai memiliki Dual Shock/analog, klik Panel yang terdapat di sebelah kanan atas jendela, lalu pilih 'Digital/Analog (F5)' yang mana ePSXe memperbolehkan dalam penggunaan analog getar), klik OK. Bila ingin mengatur stick untuk Player 2, klik 'Controller 2' dan lakukan langkah-langkah seperti tersebut diatas, klik 'Next >>'.
  8. Kamu telah mengatur konten-konten ePSXe dengan benar. Untuk penggunaan dan performa yang lebih efisien, sangat disarankan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


  1. UNTUK PENGATURAN GPU: 'Config' > 'Video' (saya sarankan untuk memakai 'P.E.Op.S. Soft Driver 1.17' karena mudah dalam pengaturannya) > 'Configure'.
  2. Beri tanda pada 'Fullscreen mode' bila ingin tampilan layar penuh; atau beri tanda pada 'Window mode' bila ingin tampilan layar berupa windows (untuk ukuran ideal 'Window mode', saya sarankan atur size-nya menjadi 720x576).
  3. Untuk 'Framerate', beri tanda centang pada 'Use FPS limit' dan beri tanda pada 'FPS limit (10-200) FPS' (angka default-nya adalah 60-70 FPS, kalau lebih dari itu maka kecepatan/laju game akan menjadi lebih cepat; begitu pula sebaliknya).
  4. Kalau PC-mu terpasang VGA, itu bisa digunakan untuk lebih menyempurnakan grafik game-mu; caranya lihat disebelah kiri atas, terdapat tombol 'Select device...', klik itu, bakal ada panel (default-nya 'Primary Display Driver'), gantilah dengan memilih VGA yang telah terpasang dan terinstall di PC-mu, klik OK, klik OK lagi, klik OK sekali lagi.
  5. ePSXe memperbolehkan kamu mengatur penggunaan 'Memory Card' sesuka kamu. Caranya: 'Config' > 'Memory Card'. Untuk mengatur 'Memory Card 1'/'Memory Card 2', klik 'Select' lalu cari dan pilih 'Memory Card' mana yang ingin kamu gunakan, klik OK.
  6. Kamu juga bisa menghapus/mengkopi isi 'Memory Card' (bahkan juga bisa menggandakan 'Memory Card' itu sendiri). Caranya: Coba ke folder tempat ikon ePSXe berada, cari folder 'memcards'. Disana kamu akan menemukan banyak file 'Memory Card' (kamu bisa menggandakannya sebanyak yang kamu mau). Untuk menghapus/mengkopi isi 'Memory Card'.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews